Resensi Buku Rumah Main Anak


Identitas Buku

Judul Buku :Rumah Main Anak

Penulis : Julia Sarah Rangkuti

Penerbit : Sahabat Sejati Publishing

Tanggal Terbit : Februari 2017 (cetakan kelima)

Harga : Kurang lebih Rp 100.000,00

Tebal : 333 halaman.

Julia Sarah Rangkuti adalah pendiri komunitas Rumah Main Anak. Awalnya ia bersama suaminya menjalankan homeschooling bagi anak-anaknya. Buku ini disusun atas ide bermain bersama anak-anaknya dirumah.


Buku ini memiliki pembahasan utama yang meliputi:
1Aspek perkembangan anak usia dini, dalam bagian ini penulis membahas empat aspek perkembangan anak.

2Perkembangan bayi usia 0-3 bulan, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini. Tersedia 10 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak.

3Perkembangan bayi usia 3-6 bulan, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini terdapat 10 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak di rumah.

4Perkembangan bayi 6-9 bulan, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini terdapat 10 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak.

5Perkembangan bayi 9-12 bulan, setelah membahas tentang perkembangan anak ada 20 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak sesuai usia.

6Mengenal permainan sensory,

7Perkembangan anak usia 1-2 tahun, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini, penulis menyediakan 53 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak.

8Perkembangan anak usia 2 tahun, setelah membahas tentang perkembangan anak dalam periode ini, tersedia 75 permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak. 

9Membuat agenda bermain anak usia dini,

10 . Buku ini menyediakan pula agenda anak, usia 1-3 tahun berdasar Permendikbud

11 . Serta bonus Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Kuesioner ini adalah alat/ instrumen yang digunakan untuk mengetahui perkembangan anak.

Review

Pertama menemukan buku ini kaya 'surga' banget untuk ibu muda beranak satu zaman dulu baru punya kakang Z. Sampai bukunya lecek saya bolak-balik, beragam permainan bisa saya terapkan bermain bersama kakang Z dirumah. Ini juga merupakan salah satu rekomendasi buku parenting yang sudah saya bahas disini:

Tiga Rekomendasi Buku Parenting

Bagian yang paling saya sukai dari buku ini adalah:

1. Contoh permainannya banyak, kurang lebih ada 160 jenis permainan yang bisa ditiru atau diterapkan di rumah.

2. Alat yang diperlukan dalam contoh-contoh permainan mudah didapatkan.

3. Panduan permainannya sangat jelas.

4. Mancantumkan manfaat dalam setiap satu permainan.

5. Harga bukunya sepadan dengan manfaatnya.


Saya bahkan senang sekali ketika mbak Sarah sebagai penulis melampirkan contoh agenda dari Permendikbud dan juga Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) sehingga para orang tua yang ingin mengembangkan permainan bersama anak, tidak hanya meniru saja, namun juga dapat melakukan penyesuaian berdasarkan kondisi perkembangan anak masing-masing.

Nampaknya sudah saatnya kakang Z beralih buku ide permainan pada Rumah Main Anak 2,  untuk menstimulasi jenjang bermain yang lebih luas lagi.

Adakah rekomendasi buku bermain lain yang menjadi andalan Moms dirumah?
Mari ceritakan disini😊

2 komentar

  1. Bagus mb bukunya, terimakasih sudah sharing 😊

    BalasHapus
  2. Wah, udah di review buku RMA 1, tinggal yang keduanya mba, eh..hehe

    BalasHapus