Catatan Workshop Menulis : Pemenang Momspiration dari Orami


Hi Moms!

Selamat kamu telah menjadi salah satu pemenang Orami Momspiration. Kami mengundang kamu untuk hadir di Event Talkshow & Workshop yang berjudul :
Rahasia Cari Uang Belanja Ekstra. Yuk, Jadi Penulis Freelance.


Ting!
Sebuah surat elektronik masuk mengingatkan saya pada kejadian beberapa bulan lalu.
Ketika mendapatkan informasi dari sahabat dalam satu komunitas, ialah Mom Silvi mengabarkan mengenai lomba menulis artikel Momspiration di Orami ini.
"Inget yang suka bikin artikel, langsung inget Amam." ujarnya dalam sebuah teks WhatsApp.

Alhamdulillah berarti branding selama ini tidak sia-sia. Dalam arti, setiap kecil besar apa yang ditulis selalu berupaya untuk dibagikan guna kebermanfaatan lebih banyak dari setiap pengalaman yang dialami. Ternyata dapat melekat pada masing-masing individu, sehingga mereka lebih mengenal saya keseluruhan.
Setelah mengucapkan rasa terima kasih karena telah berbagi informasi yang memang relate dengan apa yang saya sukai, lantas info itu tenggelam sampai hari terakhir masa pengumpulan artikel.

Ini bagian yang buruk, berharap pada kesempatan lain saya tidak mengulanginya.
Saat telah rampung satu judul artikel dengan bantuan Apap untuk mengeditnya, sesegera mungkin melayangkannya pada Orami.
Entah apa yang membuat saya lupa. Beruntung masih diberikan rezeki di detik-detik terakhir.

Berbeda dengan platform parenting lainnya yang sering saya ikuti, artikel-artikel yang layak tayang di Orami memiliki kriteria khusus sehingga membuat saya semakin tertantang.
Menariknya, pemenang dari Momspiration ini berhak mengikuti Workshop Menulis dan menjadi freelancer writer di Orami.
Sebuah kesempatan yang tidak boleh saya lewatkan.
Artikel yang berhasil tayang di Orami dapat dibaca disini

Artikel yang berhasil tayang

Sampailah pada pengumuman pemenang yang diumumkan dalam WAG Toddler 9. Tempat dimana saya mengenal Orami lebih jauh bersama para Moms lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.
Flyer pengumuman pemenang

MasyaaAllah..
Alhamdulillah, pengumuman pemenang menyertakan nama saya di dalamnya.
Kemudian memberi kabar pada Apap, bagian pertama dan utama untuk meminta izinnya menghadiri workshop ini.
Mengingat usia kandungan yang sudah menginjak 34 minggu dan kakang Z yang perlu dikondisikan karena tentu saja akan lebih baik jika menghadiri workshop ini tidak membawa anak maka saya perlu support system dari Apap.

Jumat, 6 September 2019.
Dengan rencana yang sudah dipersiapkan matang, berangkatlah dari Tangerang Selatan menuju Jakarta Pusat membawa dua anak bukan usaha yang mudah.
Satu dalam perut, satu lagi dalam tuntunan yang setelahnya saya serahkan pada Apap yang menjemput di stasiun Tanah Abang. Apap akan mengajak kakang Z menuju kantor mengingat jam kerja yang belum usai.


Prita Apresianti : Pembicara

Mbak Prita Apresianti selaku Head of Content Orami Parenting menjadi pembicara dalam workshop kemarin.
Pembawaannya yang enerjik membuat kami  semakin antusias mengikuti apa yang ia sampaikan. Mbak Prita menyampaikan bahwa 54% freelance writer itu mayoritas adalah perempuan.

Perempuan yang biasanya multitasking menjadikan tulisan sebagai sarana melepas rasa letih dan stressnya.
Selain itu berbagi pengalaman menjadi alasan lain mengapa perempuan suka menulis dan berharap dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.
Alasan-alasan menulis diatas dibenarkan oleh kami, para peserta workshop. Apalagi jika sebuah tulisan yang kami buat dapat dihargai dengan mendapatkan tambahan penghasilan.

Waktu bergulir cepat, mbak Prita menjelaskan semakin seru ditambah sesi pertanyaan dari peserta yang mewakili.
Mencatat setiap bagian penting mengenai tata cara menulis agar dapat lebih baik lagi kedepannya.
Sebagai penulis pemula, saya mendapat banyak informasi yang memang dibutuhkan dalam setiap menulis artikel yang saat ini tengah asyik saya geluti.
Bukan hanya di Orami, namun pada beberapa platform parenting lainnya pun biasanya memakai tata cara menulis artikel dalam garis besar seperti di bawah ini.

Tiga langkah mudah membuat konten yaitu:
1. Tentukan tema
2. Membuat kerangka ide
3. Lalu mulailah menulis

Sebagai contoh, ambil pemilihan ide yang sesuai dengan kehidupan kita.
Ide tersebut tentu kita kuasai dan sering orang lain jumpai sehingga dapat menginspirasi.
Lalu kembangkan kerangka ide diatas dengan mulailah menulis pengalaman serta mencantumkan sumber yang dapat dipercaya agar artikel kita lebih meyakinkan pembaca.

Lantas sesederhana itukah membuat konten sebuah tulisan?
Tentu tidak, sebagai penulis pemula akan banyak menemukan kesulitan. Namun kami banyak pula mendapatkan tips dan trik menulis yang dipaparkan mbak Prita
Ini menjadi catatan saya pribadi agar tulisan tidak monoton dan membosankan ketika dibaca.

Tak hanya teori yang kami dapatkan, namun sebuah tantangan dari mbak Prita yang cukup membuat berdegup kencang. Kami diminta membuat satu artikel dalam waktu kurang lebih 30 menit lalu akan langsung dikupas tuntas bersama-sama.
Sesi workshop, tantangan menulis artikel 30 menit

Tapi justru pada sesi ini kami banyak mengambil pelajaran. Mbak Prita mengoreksi beberapa sample artikel serta menunjukkan kesalahan-kesalahan dalam menulis.
Entah itu masalah ejaan, kalimat yang tidak perlu, kalimat mana yang sebaiknya dibuang dan seperti apa seharusnya disusun.

Diakhir acara mbak Prita mengumumkan pemenang artikel Workshop terbaik pada hari itu.
Kabar gembiranya lagi, kami para pemenang berhak menjadi freelancer writer di Orami parenting🤩
Para pemenang workshop

Alhamdulillah..
Diberikan kesehatan untuk mengambil sebuah kesempatan yang menjadi rezeki lainnya bagi saya.
Mengikuti talkshow dan workshop kepenulisan kemarin merupakan pengalaman yang menjadikan saya bertumbuh sehingga sebagai ibu rumah tangga masih dapat produktif dengan apa yang disukai tanpa meninggalkan kewajiban.

Menyambung tali silaturahim antar Moms yang juga menjadi peserta lainnya merupakan bagian lainnya yang sangat saya sukai.
Berada dalam lingkaran positif sesama para ibu yang hobi-nya menulis dan berbagi. Menambah ilmu serta pengalaman berbeda pula didalamnya.

Source : IG Maharani Syaras

Selamat berbagi Moms, kita tidak akan pernah tahu bisa atau tidak jika tidak mencobanya. Selama kegiatan tersebut positif dan kita sukai lakukanlah disela kewajiban yang utama.
Selalu selipkan doa didalamnya, agar apa yang dibagikan dapat menjadi catatan pengingat diri yang membawa manfaat pula bagi sesama.

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah.
Menulis adalah bekerja untuk keabadian."

- Pramoedya Ananta Toer -

Terimakasih spesial untuk pak Suami..
Apap terbaik yang telah memberikan izin istrinya, serta menjaga kakang Z dengan sempurna.
Terimakasih pula untuk Kakang Z dan adik Z dalam perut Amam yang telah bekerja sama dengan baik agar Amam dapat tumbuh dan berkembang menampilkan yang terbaik pula untuk kalian semua, insyaallah❣️














Tidak ada komentar